Aktivitas Kampus

Paling tidak sudah satu semester ini saya hidup di kampus, minus sekian bulan “percobaan”.

Tentu saja beda kondisi dan atmosfirnya dibandingkan tempat kerja berkarya saya dulu, yaitu pusat penelitian, walaupun mirip juga karena masih lingkungan kampus.

Di dunia akademik, saya mempunyai tanggung jawab untuk melakukan 3 aktivitas: pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Masing-masing memiliki perincian yang njlimet kalau kita serius :d

Contoh, pengajaran, kita perlu merancang garis besar pengajaran dan satuan ajar, bagaimana satu semester itu dihabiskan untuk satu mata kuliah dengan proses dan keluaran yang dapat terukur.

Bentuk karya kita dalam pengajaran adalah dokumen, eksekusi, penilaian aka pengukuran dan pemantauan eksekusi, serta keluaran berupa mahasiswa dengan kemampuan sesuai dengan rancangan mata kuliah.

Jadi kalau dibandingkan dengan berkarya di pusat penelitian dan industri atau perusahaan, yang alhamdulillah telah saya rasakan, dunia akademis itu lebih menyeluruh.

Kita sendiri menjadi pensurvei kebutuhan, perancang, pengembang, pelaksana, pengujicoba, pemantau, dan pemelihara. Dari masukan sampai keluaran. Dari A sampai Z.

Artinya, pekerjaan akademisi itu pekerjaan kemaruk :d

Jika di industri dalam satu proses pembuatan produk atau layanan akan dibagi pengerjaannya pada sekian orang bahkan sekian divisi, di kampus, bisa kita dapati, yang melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir hanya 1 orang saja [1] :D

Ingat, ini masih 1 tanggung jawab saja yaitu pengajaran. Belum penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Teringat saya dengan kata-kata tentang akademisi aka dosen:

Dosen kuwi kerjaane sak dos, duite sak sen.

Ada pula yang mengatakan, Pak Isdy tepatnya, kurang lebih yang saya ingat:

Jika seorang dosen itu benar-benar serius sekali dalam seluruh aktivitasnya, bisa-bisa Ia tak sempat memakai celana.

Kesimpulannya, jika Anda ingin menjadi seorang akademisi, Anda perlu melakukan pencarian jiwa dulu aka soul searching hahaha.

[1] Anda beruntung jika satu mata kuliah diampu oleh tim pengajar