Blankonf #3

Blankonf #3
Setelah tahun lalu diadakan di Surabaya, minggu kemarin Konferensi BlankOn atau Blankonf yang ketiga diadakan di Semarang, yaitu pada tanggal 23-24 Juli 2011, bertempat di Udinus.

Saya berangkat dari Jogja bersama beberapa pengembang dan pengguna BlankOn berjumlah total 6 orang menggunakan bus. Saya tidak pergi bersama 3 orang mahasiswa Teknik Elektro Unsoed[1] karena memang kebetulan saya ada sesuatu yang harus dilakukan siang itu di Jogja.

Perjalanan alhamdulillah lancar, walaupun sempat ada masalah komunikasi tentang bus apa yang akan kita naiki. Ketika sampai di Semarang, kami dijemput panitia menuju LP3I yang terletak di Indraprasta, cukup dekat dengan Udinus, 5-10 menit dengan berjalan kaki.

Acara berjalan dengan baik, hanya saja tak seramai tahun 2010 atau 2009, mungkin karena panitia yang kurang banyak melakukan promosi atau sosialisasi.

Saya senang sekali bisa bertemu kembali dengan para pengembang dan berdiskusi baik tentang BlankOn sendiri ataupun Kuliax yang tahun ini rencananya akan mencoba menggunakan BlankOn sebagai dasar distribusi GNU/Linux-nya.

Sesi presentasi yang tidak sempat saya ikuti adalah “Srimubil: Racikan BlankOn untuk Perangkat Bergerak” oleh Dwi Sasongko Supriyadi, dan “Irgsh: Pabrik Paket BlankOn” oleh Fajran Iman Rusadi. Padahal topiknya menarik sekali.

Semoga saya bisa melakukan presentasi BlankOn/Kuliax di Konferensi BlankOn ke-4 yang rencananya akan diadakan di Malang atau Madura. Sampai jumpa di sana, insya Allah.

[1] Faris, Udin, dan Zaky, dengan dukungan dari proyek Kuliax