Kamp Keamanan Komputer

Sebelumnya saya pernah menulis kiriman blog tentang Kelas Free Software, sampai sekarang belum terwujud. Saya ingin sekali membuat semacam kelas, pertemuan dan diskusi yang melibatkan mahasiswa, ajang ngoprek lah, tentang berbagai macam hal.

Kemarin, saat acara installfest 2011, saya memperkenalkan pada OSC sebuah konsep kamp, yaitu tentang keamanan komputer dan jaringan. Saya melihat banyak mahasiswa yang tertarik dengan GNU/Linux dan Free Software, tapi sebagian bingung, setelah memasang GNU/Linux terus ngapain? mau dibawa ke mana hubunganku dengan Linux?

Sebenarnya jawabannya jelas, Siap-Pasang-Pakai. Semua aktivitas yang berhubungan dengan komputer lakukan dengan sistem GNU/Linux yang telah kita pasang. Tapi hal ini butuh ditambah dengan aktivitas lain yang memberikan semangat lebih.

Setahu saya, manusia butuh menyiapkan target untuk dikejar, kalau tidak ada yang dikejar lalu kita ngejar apa? Karena itu konsep mimpi menjadi penting, kita punya sesuatu yang tinggi di depan atau di atas, kita berusaha menggapainya. Dengan cara itulah kita meningkatkan diri. Membangun diri kita.

Singkat kata, saya perkenalkan Kamp Keamanan Komputer, disingkat KKK yang dibaca “kakaka” atau “kekeke.” Kalau dibaca seperti suara orang tertawa. Saya sempat membuat tag yang wagu. KKK: ada untuk ditertawakan.

KKK ini hanyalah satu konsep kamp di antara banyak hal yang menjadi ketertarikan saya untuk dilakukan. Utamanya karena TE Unsoed pernah menjuarai Gemastik di bidang keamanan jaringan tahun 2008, menjadi finalis tahun 2009, dan tidak lolos di awal seleksi di 2 tahun terakhir. Ada apa? Apa yang terjadi dengan generasi penerus 2008-2009?

KKK terdiri dari 3 kamp kecil, sebenarnya masing-masing kamp ini dapat kita pisah, tapi di sini kita jadikan satu saja agar satu paket. Kita namakan KKK agar sesuai dengan target topiknya.

  1. Kamp Linux disingkat KL dan dibaca kael. Berisi tentang Free Software/Open Source, administrasi sistem GNU/Linux, troubleshooting. Tiga (3) kali pertemuan.
  2. Kamp Jaringan Komputer disingkat KJL dan dibaca kajeel. Berisi dasar jaringan komputer, pengkabelan, pengelolaan alamat IP dan sumber daya, pemantauan sistem, layanan jaringan. Tiga (3) kali pertemuan.
  3. Kamp Keamanan Komputer disingkat KKK. Berisi keamanan komputer dan jaringan, yang bahan awalnya diambil dari Hacker Highschool saja. Pengembangannya bisa ke Certified Ethical Hacker (C|EH) dan bentuk kuliah Keamanan Komputer dan Jaringan, tapi yang dua ini nanti saja. Enam (6) kali pertemuan.

Ketiga kamp tersebut berisi kombinasi teori, demo, dan praktik. Dan saya tawarkan untuk diselenggarakan saat libur semester ganjil sampai awal semester genap 2011/2012. Di dalam presentasi saya menulis Januari-Maret 2012, 12 kali pertemuan, 2 kali per minggu, tapi saya kira bisa dipersingkat menjadi Januari-Februari 2012, satu setengah bulan, 6 minggu.

KKK ini memang waktunya singkat, karena tujuannya adalah melakukan bootstrap atau menyalakan/memantik setiap mahasiswa agar bersemangat mempelajari topik tersebut, khususnya berkaitan dengan persiapan Gemastik 2012.

Agar efeknya jangka panjang dan tak tergantung saya dan angkatan lama OSC, konsep kamp diisi oleh 12 fasilitator dari mahasiswa peserta kamp. Harapannya mereka dapat mulai belajar mandiri, menyampaikan materi, dan mempunyai kekuatan yang keluar dari diri mereka sendiri. Merasa terlibat.

Untuk panitia seperti biasa, menyediakan ruangan, proyektor, colokan, dan peralatan yang dibutuhkan seperti kabel, tang krimping, tester, switch hub, dan lain-lain. Sedang peserta diminta membawa komputer dan semangat sendiri. Selain itu masing-masing mahasiswa mendokumentasikan aktivitas dengan menuliskannya.

Selesai. KKK ini adalah berbentuk tawaran, bisa diterima atau ditolak. Sila memilih, membangun diri di kampus menyelenggarakan KKK atau di kampung halaman.