Kuliah

Mata Kuliah
Mata kuliah langganan saya pada beberapa semester ini adalah Rangkaian Listrik 1, Matematika Diskret, Konsep Sistem Informasi, Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Komunikasi Data, Keamanan Komputer dan Jaringan, Sistem Komputer Terdistribusi.

Harapan-Harapan
Saya berharap mahasiswa yang mengikuti kuliah saya akan mendapatkan:

  1. pengetahuan teoritis dengan kasus. Setiap teori yang diajarkan dan didiskusikan sedapat mungkin melibatkan kasus-kasus nyata dan implementatif;
  2. kemampuan praktis. Pada setiap mata kuliah diusahakan ada praktik di kelas atau di luar kelas dengan penggunaan perangkat lunak merdeka, dan standar terbuka seperti OpenDocument Format (ODF), SPICE, TCP/IP;
  3. selain itu, kuliah diusahakan mampu meningkatkan budaya membaca, kemampuan menulis, berpikir kritis membangun, berdiskusi, bekerja dalam tim, dan melakukan presentasi. Pada beberapa mata kuliah pilihan, mahasiswa diminta membuat rencana dan perancangan produk/layanan.

Semua yang terlibat di dalam kelas membantu terciptanya kelas terbaik yang diharapkan bersama, secara konstruktif.

Konsep Perkuliahan
Di luar kelas, mahasiswa dan dosen mempelajari materi yang sama. Kelas dimulai dengan bahasan dan diskusi kecil materi yang sudah dipelajari, diteruskan dengan penjelasan dosen, diskusi akhir, dan tugas untuk materi penting yang perlu ditulis/dikerjakan. Terdapat latihan dan presentasi mahasiswa di kelas jika diperlukan.

Dosen tidak selalu menjelaskan materi secara lengkap, karena mahasiswa diharapkan mandiri dalam mempelajari lebih lanjut materi tersebut. Hal ini menjadi salah satu dasar penilaian dalam perkuliahan.

Kelas bersifat terbuka terhadap kritik dan masukan yang membangun. Dosen dan mahasiswa saling membantu dan mengoreksi satu sama lain. Partisipasi di perkuliahan sangat dianjurkan dan nilai kejujuran dijunjung tinggi.

Catatan tentang Kuliah

  • Dosen hanya sebagai fasilitator. Mahasiswa mandiri dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri.
  • Mahasiswa aktif di perkuliahan dan partisipasi di kelas dianjurkan.
  • Tidak ada ponsel/laptop terbuka di kelas, kecuali saat dibutuhkan (latihan atau lab).
  • Tugas mandiri dapat didiskusikan dengan mahasiswa lain, tetapi tetap dikerjakan sendiri.
  • Tugas yang harus ditulis tangan: gunakan kertas yang masih kosong dan boleh digunakan bolak-balik, sertakan informasi mahasiswa (Mata Kuliah, Nama, NIM, Kelas, perihal tugas), tulisan jelas dan dapat dibaca, kumpulkan tepat waktu, serta menghargai sumber atau referensi.
  • Ujian dikerjakan dengan mengikuti instruksi yang diberikan disertai dengan penjelasan pengerjaan jika diperlukan. Tulisan jelas dan dapat dibaca.
  • Sikap jujur dijunjung tinggi. Mahasiswa yang terbukti melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan etika akademik seperti mencontek, melakukan plagiat, akan mendapatkan “penyesuaian” nilai.
  • Semua mahasiswa diperlakukan adil. Proses belajar dihargai.
  • Kelas bersifat terbuka terhadap masukan dan kritik yang membangun.
  • Bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam perkuliahan, ingin memberikan masukan dan kritik, atau berdiskusi sila menghubungi dosen.
  • Pantau masing-masing halaman kuliah untuk mengetahui pengumuman dan pemutakhiran terbaru.